Subscribe:Posts Comments

You Are Here: Home » Politikus, Tokoh Indonesia » Sjafrie Sjamsoeddin

Jenderal Ganteng Itu Calon Presiden 2014 - Letjen Sjafrie Sjamsoeddin lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 30 Oktober 1952; umur 57 tahun), yang merupakan ketururan sang heroik dari Sulsel, Petta Parenring Arung Labuaja, adalah Sekjen Dephan sejak April 2005. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI tahun 2002-2005.
Letjen Tni Sjafrie Sjamsoeddin Jabat Wakil Menhan.

Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin akan menjabat sebagai wakil menteri pertahanan untuk masa lima tahun mendatang, kata juru bicara kepresidenan Julian Aldrin Pasha di Jakarta, Selas. Julian mengatakan, Sjafrie akan dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (6/1) siang, bersama Sekretaris Kabinet dan empat wakil menteri untuk melengkapi susunan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II.

Sjafrie Sjamsoeddin saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan. Pria kelahiran Makassar 30 Oktober 1952, adalah lulusan Akademi Militer 1974 dan mengawali karir militernya sebagai Komandan Peleton Grup 1 Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha)dan kemudian dipercaya sebagai Komandan Nanggala X Timor Timur pada 1976.

Kepiawaian di daerah konflik membuat dirinya dipercaya sebagai Komandan Nanggala XXI Aceh pada 1987, Komandan Tim Maleo Irja pada 1987, dan Satgas Kopassus Timor Timur pada 1990.

Tiga tahun kemudian, Sjafrie dipercaya sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Danrem-061/SK Kodam III/Siliwangi pada 1995, Kepala Staf Garnisun Tetap (Kasgartap) -1 Ibukota pada1996, Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya pada 1996 dan Panglima Kodam Jaya (Pangdam) Jaya pada1997. Karir milioternya terus melesat setelah didaulat sebagai Asisten Teritorial Kepala Staf Umum (Aster Kasum) TNI pada 1998, Staf Ahli Polkam Panglima TNI pada tahun yang sama, Koorsahli Panglima TNI pada 2001 dan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI tahun 2002-2005.

Ia dilantik sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Departemen Pertahanan RI sejak 15 April 2005 hingga sekarang. Sebelumnya, Presiden juga sudah mengangkat lima wakil menteri yaitu Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar.

Calon Presiden 2014

jenderal ganteng itu calon presiden 2014 - Jika melihat sukses SBY ketika menaiki jenjang karir di TNI hingga mampu menjadi orang nomor satu di republik ini, menurut saya Letjen Sjafrie Sjamsoeddin pun bisa mengikuti jejaknya. Mengingat sosok keduanya yang hampir mirip, baik dari segi penampilan maupun prestasinya di TNI, seperti postur tubuhnya yang tinggi tegap, handsome dan populer di kalangan mayoritas perempuan Indonesia, atau prestasi sebagai prajurit terbaik di bidangnya seperti ketika dia menjadi lulusan terbaik ‘diklat’ Terrorism In Low Intensity Conflict seperti tersebut di atas.

Karir Sjafrie sekarang adalah Wakil Menteri Pertahanan, orang nomor dua di bawah Purnomo Yusgiantoro di departemen iyu, dan memiliki peluang terbesar menggantikannya seandainya Purnomo terkena reshuffle. Bukan tidak mungkin Presiden SBY akan merombak kabinetnya pada tahun pertama seperti ketika reshuffle periode pertama masa jabatannya dulu.

Dengan keunggulan-keunggulan yang hampir mirip SBY itu, bisa saja Sjafrie Sjamsoeddin memanfaatkannya guna meneruskan jejak SBY, itu pun kalau dia mau. Apa sih yang tidak mungkin di Indonesia ini, tinggal panggil Fox Indonesia, bereslah urusan. Lihat saja kesuksesannya membawa Aburizal Bakrie menjadi Ketua Umum Partai Golkar, Alex Noedin menjadi gubernur Sumatera Selatan, pasangan Soekarwo-Syaifullah Yusuf menjadi pemenang pemilihan gubernur Jawa Timur, dan pilgub Provinsi Maluku.

Yang tak kalah fantastis adalah ketika Fox Indonesia sebagai event organizer mampu mendongkrak suara Partai Demokrat pada pemilu legislatif tahun 2009 dan mengantar pula pendiri partai tersebut ke tangga tertinggi kepresidenan Republik Indonesia dua kali berturut-turut.

Berdasar pengamatan saya melihat pengalaman bangsa ini yang mudah memaafkan tersangka pelanggar HAM berat di Aceh, Timor-timur, Tanjung Priok, Lampung, Trisakti, dan kasus lain, saya kira tidak akan sulit bagi seorang Letjen Sjafrie Sjamsoeddin untuk mengikuti langkah Susilo Bambang Yudhoyono, toh dia belum divonis salah oleh putusan pengadilan yang berhukum tetap. Apalagi jabatan Presiden SBY tinggal periode ini saja dan yang paling utama rakyat negeri ini akan mudah disihir oleh ketampanan dan kewibawaan Wamenhan tersebut. Tentu jika jenderal bintang dua tersebut mau menggunakan jasa Fox Indonesia dengan jurus pencitraannya yang ternyata terbukti ampuh pada pemilu lalu-lalu. Dan menurut saya tidak susah bagi Fox Indonesia, karena bekal kedua jenderal tersebut mempunyai kesamaan yang mirip.[ps]

Tags:

renaldi trio kwek kwek, jenderal ganteng itu calon presiden 2014, jendral syafrie syamsudin, safri samsudin, profil syafrie syamsudin, jendral Safri Samsudin, safri syamsudin, syafri samsudin, syafrie syamsudin, syafrie syamsuddin, biografi syafrie syamsudin, safrie samsudin, Jendral syafri syamsudin, jendral syafri samsudin, syafrie syamsuddin profile