Subscribe:Posts Comments

You Are Here: Home » Politikus, Tokoh Indonesia » Kahar Muzakkar

Bernama Lengkap Abdul Kahar Muzakkar atau Abdul Qahhar Mudzakkar; lahir di Lanipa, Kabupaten Luwu, 24 Maret 1921 – meninggal 3 Februari 1965 pada umur 43 tahun; nama kecilnya Ladomeng) adalah seorang figur karismatik dan legendaris dari tanah Luwu, yang merupakan pendiri Tentara Islam Indonesia di Sulawesi. Ia adalah seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang terakhir berpangkat Letnan Kolonel atau Overste pada masa itu.

Ia tidak menyetujui kebijaksanaan pemerintahan presiden Soekarno pada masanya, sehingga balik menentang pemerintah pusat dengan mengangkat senjata. Ia dinyatakan pemerintah pusat sebagai pembangkan dan pemberontak. Pada awal tahun 1950-an ia memimpin para bekas gerilyawan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara mendirikan TII (Tentara Islam Indonesia) kemudian bergabung dengan Darul Islam (DI), hingga di kemudian hari dikenal dengan nama DI/TII di Sulawesi Selatan dan Tenggara.

Pada tanggal 3 Februari 1965, melalui Operasi Tumpas, ia dinyatakan tertembak mati dalam pertempuran antara pasukan TNI dari satuan Siliwangi 330 dan anggota pengawal Kahar Muzakkar di Lasolo. Namun tidak pernah diperlihatkan pusaranya, mengakibatkan para bekas pengikutnya mempertanyakan kebenaran berita kejadiannya. Menurut kisah, jenazahnya dikuburkan di Kilometer 1 jalan raya Kendari.

Kedatangan pasukan pimpinan Worang kemudian disusul oleh pasukan ekspedisi yang dipimpin oleh Kolonel A.E Kawilarang pada tanggal 26 April 1950 dengan kekuatan dua brigade dan satu batalion di antaranya adalah Brigade Mataram yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Suharto.

Kapten Andi Azis dihadapkan ke Pengadilan Militer di Yogyakarta untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan dijatuhi hukuman 15 tahun penjara dan ada pula yang mengatakan bahwa andi aziz telah meninggal dunia karena di tembak oleh Suharto tetapi untuk sebahagian masyarakat Sulawesi Selatan ada pula yang mempercayai bahwa beliau tidak di tangkap dan tidak di tembak mati pernyataan ini saya kutip ketika berdiskusi dengan salah seorang tokoh pemberontak yang masih hidup saat ini dan mengeluarkan stated bahwa kahar muzakkar masih hidup kalau di tembak karena memiliki ilmu kebal (Metafisik), dan juga ada stated yang lain saya temukan ketika masuk ke sebuah perkampungan di daerah Gowa Makassar yang menyatakan bahwa Kahar Muzakkar masih hidup dan tinggal di dalam kampung ini dan sedang melakukan pergerakan.

Kini salah satu Putra Kahar Muzakkar, yakni Azis Kahar Muzakkar yang juga anggota DPD RI akil Sulsel menjadi kandidat calon Wakil Gubernur Sulsel Mendampingi Ilham Arif Sirajuddin Calon Gubernur Sulawesi Selatan dari partai Demokrat.

Biodata Kahar Muzakkar

  • Nama Lengkap: Abdul Kahar Muzakkar atau Abdul Qahhar Mudzakkar.
  • Kelahiran: Lanipa Luwu, 24 Maret 1921
  • Karier: Seorang tentara pejuang RI, namun belakang membelot dan melawan Republik Indonesia sampai Akhir Hayatnya.[ps]

Tags:

biografi abdul kahar muzakir, biodata abdul kahar muzakir, profil abdul kahar muzakir, profil kahar muzakkar, Biodata Abdul kahar muzakkar, profil dan biodata abdul kahar muzakir, perjalanan hidup kahar muzakkar, kahar muzakkar, profil kahar muzakar, kahar musakkar, biografi abdul kahar muzakkar, kahar muzakkar masih hidup, ilmu kebal kahar mudzakkar, profil azis kahar, tempat lahir kahar muzakkar